Mengecilkan Gambar untuk mempercepat loading website

Panduan Cara mengecilkan gambar untuk mempercepat loading website

Cara Mengecilkan Gambar Untuk Mempercepat Loading Website

Loading website yang lambat ini bisa menjadi masalah buat para pemilik website, ini adalah masalah yang paling sering terjadi yang harus kita atasi. Kecepatan sebuah website merupakan hal penting yang harus kita perhatikan dalam setiap pembuatan website atau web blog kita. Salah satu cara yang paling cepat dan efektif agar kita bisa meningkatkan kecepatan website adalah dengan mengecilkan ukuran file gambar yang ada di dalam website kita. Banyak sekali para pemilik website yang tidak mementingkan dan memperhatikan bahkan mengesampaingkan hal ini dan akhirnya hal ini membuat konfersi website mereka kurang baik dan parahnya hal ini bisa mempengaruhi rangking website mereka.

Bagaimana kita bisa mengetahui sebuah Gambar memperlambat Situs kita.

Sebenarnya cara yang paling mudah dan benar untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan Pingdom Website Speed Test. Alat bantu ini akan memberitahu Anda secara keseluruhan tentang waktu buka dan ukuran website Anda (load time and site size). Hasil yang baik kurang dari 3 detik dan kurang dari 1mb.

Overall-load-site

File yang mungkin bagus dan cocok untuk sebuah website adalah dengan membuat ukuran gambar atau file menjadi kecil, lebih bagus 100kb atau kurang dari ukuran itu.

Alat bantu di situs ini juga akan menganalisa semua unusur – unsur yang ada di situs Anda sehingga Anda bisa menemukan masalahnya. Hal yang paling sering ditemukan adalah masalah pada gambar yang ada di situs Anda.

Silahkan scrol kebawah dan lihat kotak – kotak yang di tampilkan, ada banyak kotak – kotak kecil yang akan di tampilkan namun jangan berfokus pada kotak kecil itu, cari kotak yang lebih besar.

try-speed-test-image

jika Anda menemukannya maka itu adalah file yang akan memakan waktu lama untuk loading website Anda.

Kecilkan file Anda sebelum meng-uploadnya.

Kebanyakan dari kita semua tidak memformat atau mengecilkan gambar terlebih dahulu yang akan kita upload ke website / wordpress site mereka. Jika hal Ini tidak di lakukan maka website tidak hanya akan menampilkan gambar yang besar tetapi juga akan memformat dan mengeditnya terlebih dahulu agar sesuai dengan dimesi website Anda.

Sebenarnya ada banyak sekali alat yang tersedia untuk mengedit gambar di luar wordpress atau website Anda.

  • Pixlr – Sebuah alat bantu online gratis yang bekerja sangat bagus untuk membantu Anda memformat gambar Anda menjadi kecil.
  • Preview – Alat bantu standar pada mac dan alat ini memiliki semua yang di butuhkan untuk editing gambar dasar.
  • ImageOptim – Sebuah perangkat gratis untuk Mac yang bisa atau memiliki fitur “save for web”.
  • RIOT – Sebuah alat pengecil gambar gratis khusus untuk Windows.
  • Photoshop – Ini adalah alat bantu yang saya gunakan setiap hari. Saya sangat menyukai Photoshop karena bisa menampilkan pilihan “save for web” yang akan membantu saya untuk menjaga ukuran file tetap rendah tanpa harus kehilangan kualitas gambarnya.
  • Canva – Anda juga bisa menggunakan software canva untuk mengecilkan gambar, setelah gambar Anda upload kemudian klik Resize dan sesuaikan dengan ukuran yang kita inginkan.
     
     
    canva resize

Semua alat bantu yang saya sebutkan diatas bisa membantu dan memungkinkan Anda untuk mengedit foto dalam pixel. Saya sangat menyarankan Anda untuk menyesuaikan tampilan gambar dengan ukuran lebar yang ada di website Anda sehingga tampilannya tetap indah di pandang mata.

Silahkan pilih dan gunakan file yang tepat.

Seringkali orang – orang salah memilih jenis file untuk gambar – gambar yang akan mereka upload ke website mereka sehingga hal itu membuat kualitas gambar kurang bagus atau mungkin ukuran filenya menjadi terlalu besar. Keuntungan memilih file yang tepat hal ini akan menjaga gambar Anda tetap jelas dan tajam tanpa mengorbankan kecepatan website Anda.

JPEG – File ini sangat bagus untuk foto manusia, binatang, lokasi dan lainnya, tetapi jenis file ini sangat kurang bagus untuk hasil gambar screenshot dari aplikasi dan juga situs web atau teks.

PNG – File PNG sangat baik untuk hasil gambar screenshot dari aplikasi dan juga situs web dengan gradien. Dengan menggunakan jenis file ini akan membuat teks tampak bersih, tetapi file jenis ini bisa menjadi masalah dalam ukuran file.

GIF – File jenis ini sangat baik untuk gambar datar tanpa gradien atau animasi dengan durasi pendek. Hati – hati untuk gambar kecil hasil dari screenshot seperti gambar profil atau gradien seperti top bar browser. Biasanya hasilnya tidak pernah terlihat baik dalam format GIF.

Bagaimana caranya mengambil gambar screenshot yang bagus.

Gambar screenshot yang besar hal ini dapat menambah nilai konten Anda. Caranya sangatlah mudah untuk mengambil screenshot yang bagus. Jika Anda ingin mengambil gambar seluruh layar monitor, kemudian mencoba mengecilkannya menjadi sepertiga dari ukuran yang kita ambil ini akan merugikan Anda, gambar hasil screenshot akan menjadi tidak bagus di lihat, terjadi distorsi gambar, selain itu teks dalam gambar akan menjadi terlihat buram dan bagian pinggir akan terlihat kabur.

Berikut ini adalah beberapa saran:

Rubah ukuran browser Anda bukan gambar.

Banyak di antara kita semua yang tidak mengetahui hal ini, biasanya saat mengambil gambar ukuran browser kita masih sama dan yang kita kecilkan adalah imagenya. Ini adalah cara yang kurang tepat, lalu bagaimana cara yang benar? Rubah atau kecilkan ukuran browser Anda sehingga gambar terlihat sekecil ukuran yang Anda inginkan, jika dirasa masih kurang kecil sewaktu browser kita dikecilkan jangan pusingkan hal itu, sekalipun ukuran tidak pas persis dengan apa yang kita inginkan hasilnya akan jauh lebih bagus jika Anda mengecilkan browser Anda. mengubah ukuran gambar dari 800px ke 640px akan jauh lebih mudah dan halus dari pada kita mengecilkan ukuran 2400px ke 640px.

Fokus pada apa yang lebih penting

Kadang – kadang kita mungkin tidak bisa mengubah ukuran browser atau aplikasi tertentu ke dalam ukuran yang kita inginkan, tidak usah pusing, ambil saja screenshot dari aplikasi yang mau kita ambil pada layar monitor Anda dan ambil gambar hanya pada bagian yang mau kita gunakan.

Bagaimana mengecilkan gambar untuk kebutuhan kita dan pengunjung website

Selalulah Konsistensi dalam dimensi gambar Anda adalah kunci. Memiliki lebar dan tinggi yang konsisten pada setiap posting Anda akan terlihat lebih profesional.

Plugin untuk mengecilkan ukuran gambar.

WP Smush.it

Jika Anda tidak ingin mengecilkan ukuran gambar yang sudah Anda upload puluhan gambara ke website, WP Smush.it adalah plugin bagus yang dapat memeriksa semua gambar yang diunggah di situs Anda dan mengecilkan ukuran gambar Anda. Anda dapat mengecilkan gambar sesuai dengan pilihan Anda satu persatu atau melakukannya secara massal. Versi gratis dari plugin ini bekerja dengan gambar yang lebih kecil dari 1mb. Untuk gambar yang lebih besar, menggunakan teknik manual yaitu dengan menggunakan program yang cocok dengan kita.

Plugin ini memiliki kelemahan yaitu akan memperlambat waktu loading situs Anda. Jadi saran kami lebih baik untuk mengecilkan gambar Anda sebelum Anda menguploadnya, plugin ini bisa menghemat banyak waktu jika Anda memiliki konten yang sudah lama dan banyak. Sekali lagi kami ingatkan, hati-hati! Menggunakan plugin ini benar-benar akan memperlambat situs Anda.

Lazy Load

Bagi Anda para Photographer dan pemilik website yang bergantung dengan banyak gambar, Plugin Lazy Load pasti akan sangat membantu Anda. Gambar hanya akan di buka ketika mereka melihat dari browser atau hanya ketika di minta saja oleh pengunjung. Ini akan membantu mengurangi waktu loading halaman.

Apakah Anda mempunyai pengalaman dan trik cara mengecilkan gambar serta mempercepat waktu loading website Anda? Bagikan kepada kami dengan memberikan komentar di bawah ini.

JOIN OUR VIP LIST

Dapatkan panduan strategi SEO untuk meningkatkan traffic dan penjualan

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

One comment

  • Panji Lesmana /

    Halo wpbalweb,
    Soal masalah plugin, saya memiliki plugin WP.Smush dan EWWW Image Optimizer, harusnya saya memakai keduanya atau menghapus salah satunya?

    Regards,
    Panji Lesmana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.