Panduan SEO WordPress Untuk Pemula: Pendahuluan

Panduan SEO WordPress Untuk Pemula: Pendahuluan

Panduan SEO WordPress Untuk Pemula:
Pendahuluan, Persiapan, dan Jargon

Pada panduan singkat ini, Anda akan belajar bagaimana mengoptimalkan situs WordPress yang Anda miliki sekaligus menghasilkan uang dari para pengunjung situs yang datang. Pada bagian ini, Anda akan diperkenalkan tentang SEO dan ditunjukkan beberapa langkah yang perlu diambil dalam mempersiapkan hal-hal berikutnya. Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami beberapa istilah atau Jargon, cobalah beralih pada bagian “Deciphering the Jargon” atau “Penafsiran Jargon.”

 

Apa Itu SEO dan Mengapa
Anda Harus Menghabiskan Waktu Membuatnya?

Bagi Anda yang belum tahu, SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization (Optimalisasi Mesin Pencari). Pada dasarnya merupakan disiplin ilmu mengenai bagaimana membuat mesin pencari, yang sering dititikberatkan pada Google, mengarahkan pengunjung ke situsmu atau blog yang kita miliki. Masih bingung dengan penjelasan diatas? Silahkan lihat gambar hasil pencarian dengan keyword “beli hp samsung online” di bawah ini:

keyword beli hp samsung online

Ketika seseorang mengetikkan kata kunci atau keyowrd beli hp samsung online maka mesin pencari akan menampilkan situs – situs yang cocok dengan kata kunci yang diminta oleh orang tersebut di halaman mesin pencari seperti yang terlihat di gambar di atas.

SEO itu rumit dan sulit untuk menjelaskan semua hal yang berkaitan dengannya, jadi kami akan membuat penjelasannya dengan sederhana dan mudah untuk dipahami. Cara termudah untuk menjelaskannya adalah dengan mengatakan bahwa SEO merupakan komunikasi. Pada satu sisi, mengenali pengunjung potensial Anda dan berkomunikasi dalam bahasa mereka (pengunjung situs Anda). Sedangkan pada sisi lain, berkomunikasi dengan mesin pencari bahwa konten situs Anda yang keren layak untuk mendapatkan baik perhatian dan referensi dari mesin pencari untuk mereka (pengunjung situs Anda). (Kira – kira seperti ini kami mencoba untuk mengartikannya)

SEO sering terdengar seperti sesuatu hal yang ajaib, penuh sihir (misteri), dan layak diperjuangkan. SEO itu seperti sebuah pelayaran menyeberangi lautan yang kelam dimana hanya para guru dan ahli (master)  saja yang mampu mengemudikan kapal (atau mempermainkan hasil dengan ‘mengakali sistem’). Kemudian, ketika saatnya berusaha untuk bisa berada atau masuk dalam jajaran peringkat 10 teratas dihalaman mesin pencari Google untuk istilah yang paling kompetitif di dalamnya dan mempertahankan peringkat website Anda, mungkin hal itu memang benar adanya.

Namun, hal itu bukanlah apa yang akan kita bicarakan dalam Panduan SEO WordPress Untuk Pemula disini. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda beberapa latihan dasar terbaik untuk bisa mulai memperoleh setidaknya sebagian kecil, namun signifikan, lalu lintas pencarian (search traffic) yang nantinya akan bertambah sedikit demi sedikit seraya website Anda terus Anda optimasi.

Ketika membahas mengenai apakah Anda harus atau tidaknya menghabiskan waktu pada SEO sebagai seorang pemula, komunitas blog tampaknya terbagi menjadi dua. Orang-orang yang blognya berfokus pada SEO “tidak dapat menganggap remeh pentingnya menggunakan SEO”, sedangkan orang-orang yang aktif di media sosial dan networking, dapat dikatakan mengabaikannya.

Sementara itu, kami pernah melihat beberapa grafik menarik yang menunjukkan bahwa lalu lintas guest blogging (blog tamu) mengubah dengan lebih baik lalu lintas pencarian/search traffic, volume potensialnya pun sedikit berbeda. Walaupun postingan tamu (guest posts) mungkin membawa beberapa ratus, bahkan ribuan pengunjung, potensi lalu lintas seumur hidup (lifetime traffic) untuk memperoleh peringkat postingan tunggal merupakan cakupan yang berbeda. Bahkan untuk beberapa istilah pencarian yang sangat sedikit dimana hanya mendapatkan 30 pencarian dalam sehari, pencarian itu akan menjadi ribuan pengunjung potensial setiap tahunnya (dan tentunya, untung saja tidak perlu melakukan networking/cold email). Jadi, mari kita gali lebih dalam mengenai SEO WordPress!

 

Saya Pikir WordPress Sudah Mengoptimalisasikan SEO?

Jawabannya, bisa “ya” bisa juga “tidak”. Struktur yang benar merupakan bagian penting dari SEO dan WordPress memiliki banyak struktur utama yang membuat kontennya lebih menarik bagi mesin pencari. Dengan beberapa ekstra plugin, sebagai contoh WordPress SEO by Yoast, Anda bisa mencentang banyak kotak hanya dengan  sedikit usaha. Namun, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan kurang lebih secara manual, setidaknya untuk saat ini. Seperti mengoptimalisasi penampilan website Anda dan pastikan bahwa website Anda dapat loading secepat mungkin. Ataupun menggunakan header tags dengan benar ketika kamu menulis konten website. Serta pastikan bahwa konten Anda benar-benar berguna dan dapat menghasilkan satu atau tiga “share/bagikan” dan satu atau dua backlink.

Namun hal tersebut tidaklah berlaku jika tidak ada seorangpun yang mencari apa yang Anda tulis pada saat yang sama ketika Anda berupaya menulis konten tersebut.

Walaupun Google telah membuat beberapa kemajuan ketika mengenali konten-konten yang berguna kepada penggunanya bahkan ketika istilah pencarian tidak mirip dengan kata kunci yang Anda gunakan, masih tidak ada pengganti nyata untuk riset kata kunci ini. Tidak peduli bagaimanapun optimalnya halaman websitemu, jika tidak ada seorangpun yang mencari tulisan yang Anda buat (sesuai dengan keyword yang Anda bidik), maka tidak akan ada seorangpun yang akan menemukannya walaupun kontennya berada para peringkat atas. (Jadi, jangan terlalu bangga dengan peringkat 1 untuk kecocokan kata kunci dengan nama websitemu. Walaupun hal tersebut dapat membantu dalam membantu para pengunjung sebelumnya untuk kembali lagi ke situs Anda, tetapi Anda tidak mungkin mendapatkan pengunjung yang baru.)

Maksudnya begini, katakanlah website Anda adalah paturearta.com, ketika Anda atau Orang lain mengetikkan nama website Anda (keyword) “Pature Arta” atau “Paturearta” di halaman mesin pencari maka kemungkinan besar website Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencari, bisa jadi pada urutan No. 1.

Walaupun website Anda berada dalam urutan pertama tapi banyak Orang belum mengenal usaha Anda, jadi percuma saja Anda berada dalam urutan pertama mesin pencari karena tidak seorangpun mencari kata kunci tersebut di tambah lagi orang belum kenal dengan usaha Anda. Jadi gunakan juga kata kunci seperti Kontraktor di Bali, Jasa Kontraktor, Jasa Renovasi dll sehingga Anda memiliki pengunjung baru setiap harinya.

Keyword dengan hasil pencarian Pature Arta

Pentingnya Riset Kata Kunci

google adwords keyword planning

Jika Anda penasaran tentang bagaimana mesin pencari bekerja, Anda bisa mengetahuinya dengan cara menelusuri atau menyusun halaman dan konten website Anda kemudian mencocokkannya dengan permintaan dari para pencari. Dalam beberapa hal, optimalisasi mesin pencari berbicara tentang berkomunikasi secara efektif kepada pengunjung yang potensial. Sehingga, Anda harus tahu bagaimana berkomunikasi dengan pengunjung.

Disinilah riset kata kunci dimulai (Berperan penting). Riset kata kunci merupakan segala hal tentang mengungkapkan bahasa dari para pengunjung potensial. Sebuah perbedaan kecil frase dapat berarti 1000% perbedaan bagi pengunjung potensial. Terkadang bahkan lebih, namun tidak berarti Anda harus selalu menargetkan kata kunci yang lebih populer, bahkan lebih nantinya.

Walaupun terdapat sejumlah besar software untuk melakukan riset kata kunci di luar sana seperti:

  1. SECOckpit (Free 30 Days)
  2. MOZ Analytics keyword Tool (Premium)
  3. Long Tail Pro (Premium)
  4. SEMrush (Premium)
  5. Keyword Snatcher (Premium)
  6. Market Samurai
  7. Google Keyoword Planner (Free)
  8. Dan masih banyak yang lainnya.

Dari semua daftar yang kami sebutkan diatas kita akan menggunakan alternatif Gratis dengan Google Keyword Planner untuk tujuan panduan ini (Anda hanya perlu memiliki akun AdWords yang aktif untuk dapat menggunakannya, cukup mudah jika Anda telah memiliki akun Google—semuanya gratis).

Salah satu fungsi favorit keyword planner saya yaitu Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan anjuran dan pengetahuan ke dalam bahasa yang digunakan pengunjung ketika mencari konten, hanya dengan mengetik satu topik atau permasalahan yang lebih luas.

Bagian kedua dari riset keyword ini adalah menaksir kompetisi. Hal ini adalah kuncinya, dimana akan membantu Anda menentukan apakah layak atau tidak waktu Anda untuk mencoba-coba mencari kata kunci spesifik, atau Anda hanya perlu menyimpannya untuk nanti saja dan berpindah ke hal yang lebih menguntungkan lainnya (Persaingan yang lebih ringan).

Latihan SEO Terbaik Berdasarkan Google

Google tidak menyarankan “artificial link building” atau membangun link buatan, termasuk guest blogging untuk membangun backlink, melainkan menyarankanmu untuk:

– Mengoptimalisasi struktur website Anda

– Menulis judul halaman yang akurat yang mengandung kata kunci atau keyword

– Meningkatkan URL websitemu (Usahakan mengandung keyword)

– Menggunakan meta deskripsi dengan tepat (mengandung keyword)

– Menulis konten atau menyampaikan jasa yang kick-ass atau unik dan mudah menarik perhatian

– Menggunakan heading tags dengan benar

– Mengoptimalisasi imej atau penampilan blog Anda

 

Perhatikan Penerapan Keyword berikut ini
Pada URL dan Judul Halaman Website.

Silahkan perhatikan gambar di bwah ini:

penerapan keyword what is seo pada judul website

 

Secara sederhana lakukan langkah ini jika Anda ingin membuat website, katakanlah keyword (kata kunci) yang ingin Anda bidik atau pilih adalah “Bali Wedding Photographer”, maka Anda harus menyertakan keyword tersebut di halaman judul dan juga di URL website Anda. Lebih bagus jika di dalam artikel Anda juga terdapat keyword tersebut.

Persiapan

Sekarang kita akan melangkah menuju langkah yang paling penting. Hal-hal berikut di bawah ini akan membantu mempersiapkan website Anda untuk mengimplementasikan latihan-latihan SEO terbaik yang akan kita laksanakan pada panduan berikutnya.

Langkah #1 Pastikan Anda mengijinkan mesin pencari untuk merujuk Anda.

wordpress search engine visibility

TINGGALKAN BOKS INI TIDAK USAH DI CENTANG! Tidak peduli seberapa baiknya Anda melakukan hal yang lain, jika Anda mengabaikan langkah ini, maka tidak akan berguna lagi. Situs Anda akan mengatakan pada googlebots, bingbots, dan yahoobots, bahwa mereka “tidak disambut disini”. Maka bots-bots tersebut akan berpindah, sehingga membuat situs Anda tidak dapat terlihat oleh mesin pencari dengan efektif. Oleh karena itu Jangan di centang pada bagian itu agar website Anda dijelajahi oleh mesin pencari dengan lebih efektif.

Langkah #2 Menginstall SEO plugin yang menangkap apa yang WordPress lewatkan

Salah satu plugin yang paling banyak digunakan dan direkomendasikan, serta yang kita gunakan disini, di situs WPBaliweb adalah WordPress SEO by Yoast (Anda akan belajar lebih lanjut bagaimana menggunakannya secara detail nanti, jadi jangan khawatir).

Langkah #3 Buat situsmu dirujuk, jika belum

Untuk dapat dirujuk oleh Google, Anda akan memerlukan website terujuk untuk menghubungkan ke website Anda. Atau Anda perlu untuk membuat website Anda dirujuk secara manual. Anda bisa melakukannya dengan mengumpulkan sitemap-mu (Anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan plugin seperti WordPress SEO by Yoast atau XML Sitemaps) menggunakan Google Webmaster Tools (untuk dapat dirujuk di Bing, gunakan Bing Webmaster Tools untuk mengumpulkan sitemap-mu). Selanjutnya untuk membuat XML sitemap dan mengumpulkannya disini.

Langkah #4 Abaikan permalink yang buruk

Struktur default/awal (p=777) tidak hanya terlihat jelek, tapi juga secara tidak langsung merusak peringkat Anda karena memiliki kata kunci di halaman URL-mu hanya akan membantu sedikit saja. Memperbaikinya sangatlah mudah. Hanya dengan membuka pengaturan > permalinks dan pilih struktur nama postingan/post name link, dan selesai.

wordpress permalinks

Penaksiran Jargon

Berikut adalah penaksiran dari beberapa jargon yang sering digunakan ketika berbicara mengenai SEO. Jika Anda memiliki istilah yang merasa ragu mengenai artinya, silahkan meninggalkan komentar!

Search volume (volume pencarian) = jumlah pencarian kata kunci spesifik yang didapatkan tiap bulan.

Keyword (kata kunci) = sering dikaitkan dengan kata atau frase yang dicari diletakkan di dalam kontenmu.

Search phrase (frase pencarian) = sesuatu yang dicari seseorang pada mesin pencari.

Exact match keyword (kata kunci yang benar-benar sesuai) = kata kunci yang benar-benar sesuai dengan frase pencarian/search phrase (contohnya, ‘makanan organik kucing’ sesuai, tapi ‘makanan alami kucing’ tidak sesuai).

Backlink = sebuah link dari website luar menuju website atau halaman Anda.

Permalink = URL penuh dari sebuah postingan (atau halaman). Pada dasarnya dimana Anda bisa menemukan sebuah postingan ketika ia tidak lagi berada pada halaman depan.

Pada panduan singkat ini, Anda akan mempelajari bagaimana mengoptimalisasikan situs WordPress Anda dan mendapatkan pengunjung ekstra yang mungkin sering terlewatkan.

Kesimpulan

Dari artikel ini Anda sekarang telah mengawali langkah yang baik dan memiliki pemahaman dan pengimplementasian latihan-latihan SEO WordPress dengan lebih baik dari sebelumnya. Semoga setelah memiliki pemahaman tentang SEO, sekarang Anda bisa memiliki atau memikirkan sebuah ide untuk memulai SEO di situs yang akan Anda bangun. Di postingan kami berikutnya, kita akan membicarakan tentang kata kunci, kegunaan dan bagaimana cara memiliki kata kunci terbaik untuk situs WordPress Anda—jadi teruslah kunjungi halaman blog kami! Jika Anda punya sesuatu untuk ditambahkan atau ditanyakan dari artikel ini, Anda hanya perlu meninggalkan komentar saja di bagian bawah artikel ini. Kami sangat ingin mendengar komentar Anda dan juga apa yang ingin Anda tambahkan dari Artikel Panduan SEO WordPress Untuk Pemula bagian pertama ini.

 

JOIN OUR VIP LIST

Dapatkan panduan strategi SEO untuk meningkatkan traffic dan penjualan

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Leave a Reply

Your email address will not be published.