Panduan SEO WordPress Untuk Pemula: BackLinks, Site Speed dan lainnya

Panduan SEO WordPress Untuk Pemula bagian ke tiga, BackLinks, Site Speed dan lainnya

Petunjuk Pemula Untuk WordPress Seo: BackLinks, Site Speed Dan Banyak Lagi

Dalam artikel ke tiga ini kita akan membahas tentang backlink, bagaimana kita mendapatkannya, bagaimana meningkatkan kecepatan muatan halaman (page loading speed), guest posting (posting tamu), dan bagaimana mengoptimalkan social shares.

Tanpa banyak kata-kata lagi, mari kita menggali lebih dalam tentang WordPress SEO.

Mendapatkan Lebih Banyak Lagi Backlinks Organik

Backlink termasuk isu yang agak kontroversial. Coba lihat saja ada begitu banyak artikel yang membahas hal ini, ada kemiripan dan ada banyak yang berbeda dari satu artikel dan pendapat ke artikel dan pendapat yang lain.

Bukan pada apakah Backlink dapat meningkatkan peringkat website Anda atau tidak, tapi bagaimana cara Anda mendapatkannya.
Saya akan mencoba untuk lebih banyak membahas backlink organik di sini. Sebuah cara yang pasti untuk mendapatkan link organik ke situs Anda, adalah dengan menambahkan audiens.

Hal ini bukan solusi jangka pendek. Ketika orang-orang memberi komentar atau mengirim pertanyaan melalui email, pastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk memberi jawaban yang bijaksana. (Dan coba untuk tidak hanya menjawab untuk backlink / sharing saja.)

Hal yang mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, meskipun tidak seharusnya, adalah bahwa memberi sapaan yang sungguh-sungguh dan menghubungkan mereka ke artikel yang Anda pikir sangat berguna atau menarik, benar-benar dapat menjadi cara untuk mendapatkan backlink.

Biasanya, hal ini berhasil dengan orang yang biasanya berpengaruh dan tidak memiliki banyak audiens.

Mereka selalu dibanjiri permintaan bantuan, dan sapaan, dan undangan untuk diwawancarai, dan sejenisnya.

Terakhir… adalah…

memelihara hubungan dengan orang-orang yang juga menulis topik yang sama, (tetapi bukan pesaing Anda), dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan backlink.

Dengan menjaga hubungan baik, di sini saya tidak memaksudkan Anda harus memilih siapa saja yang memiliki situs web dengan cukup pageviews untuk memenuhi kriteria Anda dan menyepam mereka dengan mengirim email dan tweet.

Bukan… bukan itu maksud saya…

Maksud saya adalah Anda harus menemukan seseorang yang mengetahui benar-benar apa yang Anda gali, yang memiliki pandangan yang bisa Anda pelajari lebih banyak, dan menemukan cara yang unik yang benar-benar dapat membantu Anda.

Kirimi mereka buku rekomendasi jika mereka menyebutkan buku tertentu. (Atau Anda juga bisa mengirimi mereka.)

Menulis Konten yang Lebih Panjang

Hal lain yang dapat membantu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, adalah menciptakan atau membuat konten yang lebih panjang.

Mengapa harus membuat kontent yang lebih panjang?

Google sudah berubah dan sekarang memiliki fungsi baru yaitu memiliki konten berdurasi panjang untuk beberapa pencarian.

Saya memperhatikan website – website yang memiliki konten berdurasi panjang cenderung punya peringkat lebih baik secara umum. (Panjang konten rata-rata untuk 10 hasil teratas di Google adalah lebih dari 2000 kata.)

Ternyata tulisan atau artikel yang lebih panjang akan mendapatkan lebih banyak backlink. (saya tidak melihat di Indonesia sewaktu menulis dan meriset hal ini, tetapi di luar sana website yang seperti ini yang saya lihat, tetapi bukan berarti di Indonesia tidak seperti di luar lho ya)

Tapi jangan berpikir bahwa ini adalah free pass untuk menulis 2.500 kata-kata. Apa itu berarti Anda harus bereksperimen dengan menggabungkan ide-ide untuk menciptakan potongan-potongan konten. Atau mengatasi subjek yang Anda tidak sukai dengan membuat sebuah quickie artikel.

Pada dasarnya, jangan takut untuk lebih mendalami sebuah subjek.

Tingkatkan Kecepatan Situs Anda

instal plugin cache

Tidak hanya akan mempengaruhi kecepatan loading, tapi juga berdampak positif pada peringkat Anda. Hal ini juga akan menurunkan tingkat penolakan (bounce rate) Anda dan membantu Anda mempertahankan lebih banyak audiens.

Semua ini menyebabkan keterlibatan yang lebih banyak dari pengguna, shares dan bahkan backlink dari waktu ke waktu.

Jika Anda ingin cara gratis dengan cepat dan mudah meningkatkan kecepatan loading halaman Anda, instal plugin cache dan konfigurasi dengan cara yang benar.

Anda juga bisa mengoptimalkan gambar. Anda mungkin juga bisa mendapatkan plugin optimasi gambar. Namun langkah yang paling penting di sini, adalah bahwa Anda memadatkan file gambar Anda secara manual sebelum Anda upload, dan membuat ukuran yang sesuai untuk website Anda.

Dalam kasus screenshot, default PNG cukup berat, Anda bisa dengan mudah memadatkan ke file JPEG. Hal ini jauh lebih mudah dikelola menggunakan editor gambar. Bahkan MS Paint. Sedangkan ukuran yang direkomendasikan untuk gambar Anda tergantung pada kecepatan host Anda, dan apakah Anda menggunakan jaringan pengiriman konten. Mencoba menyimpan file-file gambar pada beberapa ratus kilobyte atau kurang adalah ide yang bagus. Dan mencoba untuk hanya menggunakan plugin yang benar-benar meningkatkan bottom line.

Guest posting: Lebih Pada Kualitas Dibanding Kuantitas

Guest posting (Postingan tamu) bisa didapat jika Anda memiliki artikel atau posting yang dipublikasikan di blog atau situs orang lain. Sementara Matt Cutts bertindak lebih jauh menyatakan bahwa guest posting pada backlink mengalami kematian beberapa tahun kemarin.

Banyak contoh blog yang sering guest posting, yang belum dihukum sedikit pun. Situs web yang terus naik pada peringkat tinggi menunjukkan banyak kata kunci yang kompetitif. Buffer adalah salah satu contoh.

Saya akan mengambil risiko dan menyarankan lakukan guest posting untuk meningkatkan kuantitas backlink ke website Anda, walaupun cara ini telah diperingatkan oleh google dan akan mendapatkan hukuman.

Saat kita menulis artikel yang berkualitas untuk beberapa guest posting yang berkaitan dengan situs web atau blog Anda hal ini  mungkin tidak akan memiliki efek yang merugikan pada website Anda.

Meskipun, jika Anda ingin bermain aman, Anda selalu bisa meminta bahwa setiap link ke situs Anda dibuat no-follow. (Cara ini kadang saya lakukan)

Atau jika Anda ingin bermain aman sepenuhnya, 10000% Anda bisa memilih untuk tidak ada guest posting sama sekali, tapi ini kemungkinan akan menjadi tanggungan Anda sendiri.

Guest posting dapat menjadi cara yang sangat cepat untuk meningkatkan audiens, dan memiliki audiens yang aktif adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak shares, backlink dan tentu saja, peringkat yang lebih baik.

Anda juga akan berhubungan dengan banyak komunitas guest blogging online, karena beberapa anggota telah dilaporkan dikenakan sanksi dalam peringkat pencarian oleh asosiasi.

Jika Anda benar-benar baru untuk konsep ini, baca petunjuk ini pada guest blogging. (artikel tentang hal ini masih kami tulis, silahkan tunggu dan kunjungi kembali situs kami)

Gunakan Google Authorship

Tidak hanya akan membuat wajah dan nama Anda muncul di samping hasil pencarian Anda di Google. Anda juga mendapatkan prioritas pada pencarian di jaringan G+ Anda.

Proses ini cukup sederhana. Namai diri Anda sebagai kontributor di situs tertentu pada halaman G+ Anda, dan kemudian Anda tambhakan link ke halaman G + dari konten. Baca lebih lanjut tentang cara mengatur Google Authorship di WordPress. (artikel tentang hal ini masih kami tulis, silahkan tunggu dan kunjungi kembali situs kami)

Optimalkan Social shares

Pentingnya Social Share

Social shares memainkan peran yang lebih besar dan lebih besar lagi ketika berkaitan dengan peringkat pencarian. Sehingga pastikan Anda mendapatkan sebanyak-banyak shares yang Anda bisa.

Jika Anda belum memiliki satu, dapatkan plugin. Tapi jangan berlebihan. Anda tidak perlu tiga set tombol sosial pada satu halaman. Itu hanya membuat tampilan kurang menarik, karena pengunjung akan merasa seperti Anda sedang berusaha untuk memaksa.

Saya sering melihat website di Indonesia SUKA MEMAKSA… ketika mengunjungi website mereka kita di paksa untuk login atau share terlebih dahulu untuk melanjutkan.

Saya ingin tanya kepada Anda…

Bayangkan Anda adalah seorang pengunjung sebuah website yang sedang mencari sebuah informasi tertentu, atau sekedar ingin melihat – lihat saja.

tetapi ketika Anda mengunjungi situs itu Anda di hadapkan akan hal yang tadi saya sebutkan di atas, apa yang akan Anda lakukan?

Sudah pasti MALAS sekali kan jika kita di hadapkan akan hal itu?

Kalau saya sudah pasti akan klik CLOSE dan tidak akan datang lagi dan kemungkinan akan mencari situs lain.

Sayang bukan jika melakukan hal yang salah.

Sekali lagi, konten yang lebih panjang akan dapat shares lebih banyak. Mungkin hal itu yang membuat Anda butuh usaha ekstra. Karena orang-orang yang menulis konten yang bagus cenderung menulis posting lagi. Siapa tahu.

Tapi itu tidak berarti bahwa lebih panjang konten berarti selalu lebih baik. Itu semua tergantung pada topik yang Anda tulis, dan audiens Anda.

Seth Godin, misalnya, mendapat shares besar-besaran pada kontennya yang berukuran sebesar nugget tentang kebijaksanaan dan inspirasi. Tapi jika Anda mengerjakan sebuah topik yang bersifat teknis, sebaiknya gunakan panduan yang lebih panjang akan lebih pas dan baik.

Jika hal tersebut di atas telah mengajarkan kita banyak hal (selain bahwa ‘ jeda rasa ingin tahu’ mendapat banyak klik), itu adalah bahwa kita harus menguji headline kita untuk melihat hal mana yang lebih berhasil.

Untungnya Anda dengan mudah dapat Judul Percobaan plugin gratis (Title Experiments free plugin.) Dan lagi, budidaya koneksi dengan pemberi pengaruh adalah cara yang pasti untuk meningkatkan jangkauan sosial Anda. Setelah semua hal dilakukan,sebuah  tweet bisa mengekspos konten Anda pada ratusan, bahkan ribuan pembaca yang berpotensi juga berbagi konten dengan Anda.

Saya memperhatikan banyak orang di Indonesia yang merasa puas hanya dengan membuat kata – kata di akhir artikel mereka untuk berbagi atau share artikel ini… (saya menyebut cara langsung)

Bukan berarti cara ini kurang tepat dan baik…. Tapi ada kelemahannya…

Beberapa blogger yang lebih berpengalaman, menyarankan Anda untuk menggunakan emosi yang kuat dalam memotivasi orang untuk mengambil tindakan pada akhir posting Anda.

Masih ingat pelajaran bahasa Indonesia tentang menulis? Gunakan itu untuk menulis konten Anda.

Dengan memotivasi orang untuk mengambil tindakan pada informasi yang Anda berikan kepada mereka, Anda secara tidak langsung dapat mempengaruhi mereka untuk mengambil tindakan yang paling mereka inginkan sendiri setelah membaca konten Anda, atau sekedar berbagi sepotong dari konten Anda.

Jika Anda telah membaca sampai sejauh ini, saya ucapkan selamat kepada Anda karena telah sampai pada akhir rangkaian posting yang panjang ini (5200 kata lebih dan terus bertambah).

Tapi hanya dengan membaca panduan ini saja tidak cukup. Anda harus benar-benar menindaklanjuti. Langkah demi langkah, baris demi baris, kata demi kata.

Dunia SEO terlalu rumit bagi banyak dari kita bahkan rasanya seperti bermimpi jika ikut campur didalamnya. Pelatihan dan pelajaran Anda bisa menjadi perjalanan lebih panjang lagi sebelum Anda merasa tahu persis apa yang harus dilakukan.

Tapi dengan panduan ini, Anda paling tidak memiliki cukup pengetahuan dasar dari hal-hal tersebut di atas untuk dapat menguraikan dan mencoba saran dari ahli SEO, serta belajar untuk diri Anda sendiri.

Jika Anda memiliki kemauan untuk belajar, dan kesabaran dan ketekunan untuk tetap konsisten, Anda dapat menguasai SEO, dan memetik hasil dengan mendapatkan prestasi.

JOIN OUR VIP LIST

Dapatkan panduan strategi SEO untuk meningkatkan traffic dan penjualan

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Leave a Reply

Your email address will not be published.